Ekonomi

Batik Tradisional? Batik Modern? Ketahui Perbedaannya!

Indonesia terkenal dengan Negara yang memiliki berbagai suku bangsa dan budaya. Tiap suku juga memiliki kebudayaan dan kesenian yang berbeda. Salah satu kesenian Indonesia yang bahkan saat ini sudah mendunia adalah kesenian batik. Batik terbagi menjadi dua jenis, yaitu batik tradisional dan batik modern. Batik merupakan warisan budaya Bangsa Indonesia yang harus diwariskan dan dilestarikan oleh para generasi muda. Kesenian batik memiliki keunikan tersendiri sehingga tak sulit untuk membuat masyarakat untuk menyukainya. Dulu, batik hanya dapat dibuat dengan satu cara, yaitu digambar langsung menggunakan tangan. Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, batik dapat dibuat dengan berbagai macam cara yang menjadikan batik menjadi beberapa jenis.

Karakteristik Batik Tradisional

Batik tradisional merupakan batik yang dalam proses pembuatannya terikat oleh beberapa aturan dan pola-pola khusus yang tak boleh dilanggar. Batik tradisional dibuat dengan cara ditulis tangan. Karena hal demikian batik tradisional sering juga disebut dengan batik tulis. Batik tulis atau batik tradisional yang pada proses pembuatannya terikat oleh aturan dan pola-pola tertentu, membuat batik jenis ini menjadi batik unggulan karena waktu pengerjaan dan detailnya yang lama dan lebih rumit, tidak seperti batik modern. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pembuatan batik tulis bisa mencapai 2 hingga 3 bulan. Hal tersebut membuat harga batik tulis menjadi cukup mahal karena sangat memperhatikan pola dan detail warna yang akan digunakan untuk mewarnai batik tersebut.

Karakteristik Batik Modern

Pada proses pembuatan batik yang modern tidak terikat dengan aturan-aturan atau pola-pola khusus seperti pada pembuatan batik tradisional atau batik tulis. Pembuatan batik teknik modern biasanya dilakukan dengan cara dicap, printing atau sablon sehingga waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama dan lebih variatif karena disesuaikan dengan model pakaian modern dan juga pencampuran warna yang disukai oleh masyarakat terutama para generasi muda. Batik teknik modern lebih mengutamakan keindahan pada kain batik tersebut dibandingkan dengan pola-pola rumit yang menyimbolkan sesuatu. Batik yeknik modern juga lebih banyak ditemukan di pasaran karena banyak digemari oleh masyarakat dan tentunya karena harga batik modern yang tidak terlalu mahal seperti batik tulis.