News

Contoh Mainan Yang Mengedukasi Anak Usia Balita

Pada anak-anak usia balita merupakan usia dimana sangat berpengaruh pada masa depan anak juga. Pada usia ini merupakan usia atau umur anak mulai belajar mengenal lingkungan sekitarnya. Ada beberapa permainan yang menggunakan mainan yang mengedukasi anak dan ada mainan yang memberikan efek kurang baik atau tidak dianjurkan untuk anak-anak.

Apa Saja Contoh Mainan Yang Mengedukasi Anak Usia Balita?

Setiap orang tua pastinya akan mengusahakan segala hal yang terbaik untuk anak-anaknya termasuk dalam hal mainan. Banyak orang tua yang sering mengabaikan hal ini yaitu memberikan barang yang dapat mengedukasi anak-anak kita. Beberapa contoh permainan yang mengedukasi anak usia balita adalah antara lain:

  1. Puzzle atau bongkar pasang

Barang ini merupakan barang yang banyak di jual di toko permainan anak kecil. Barang ini sangat bermanfaat karena dapat memancing dan memacu penalaran serta daya pikir anak. Anak akan belajar dan berusaha memecahkan suatu masalah dan hal ini berpengaruh baik pada pertumbuhan anak.

  1. Buku gambar mewarnai

Dimana buku ini biasanya berupa buku yang berisi gambar-gambar namun belum ada warnanya, tugas anak adalah memberikan warna pada gambar tersebut. Hal ini sangat baik bagi pertumbuhan anak karena anak-anak dilatih untuk melatih daya nalarnya dan pemahaman visualnya dalam kehidupan.

  1. Education games application

Ini merupakan suatu aplikasi yang dapat Anda sebagai orang tua menginstal pada gadget Anda. Aplikasi bersifat menarik dan dapat sebagai media pembelajaran untuk anak kita misalnya berhitung, membaca, menyanyi dan lainnya.

  1. Lego

Barang yang satu ini selain banyak di jadikan sebagai koleksi ternyata barang yang satu ini merupakan dapat mengedukasi anak dimana anak akan dilatih mengasah otak dan pola pikirnya dan berani dalam berkreasi.

Informasi diatas merupakan tambahan pengetahuan dan wawasan untuk kita para orang tua dan calon orang tua bahwa apa yang Anda berikan pada anak Anda sejak kecil akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Pilihlah mainan yang dapat mengedukasi atau memberikan pengaruh atau efek yang baik untuk anak Anda. Beberapa contoh diatas merupakan sebagian kecil dari contoh yang dapat Anda berikan untuk buah hati Anda.