Kesehatan

Jenis dan Macam-Macam Antibiotik

Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk menghambat atau membunuh pertumbuhan mikroorganisme lain yang akan menyebabkan infeksi pada tubuh. Obat antibiotik sangat tepat untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri, namun tidak tepat untuk penyakit yang disebabkan oleh virus. Ada banyak macam macam antibiotik yang beredar di pasaran dan kita harus sangat berhati-hati dalam mengonsumsi antibiotik. Konsultasikan kepada dokter atau apoteker sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat antibiotik. Hal tersebut terjadi karena tidak semua penyakit dapat diatasi dengan menggunakan antibiotik. Penyakit satu dengan yang lain biasanya diobati dengan antibiotik yang berbeda pula. Kita juga harus memastikan bahwa penyakit yang kita derita disebabkan oleh bakteri, bukan karena virus. Oleh sebab itu pembelian antibiotik harus disertai dengan resep dokter.

Macam-Macam Antibiotik

Antibiotik ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1929. Antibiotik pertama yang ditemukan adalah Penisilin yang berasal dari kultur jamur. Saat ini ada lebih dari 100 macam antibiotik yang telah berhasil ditemukan dan dapat digunakan untuk mengatasi infeksi ringan hingga infeksi parah. Di bawah ini ada beberapa macam macam antibiotik yang seringkali kita temui.

  1. Penisilin

Penisilin digunakan untuk mengatasi infeksi pada telinga, gigi, saluran pernafasan, kulit dan bagian mata. Cara kerja penisilin adalah menghancurkan dinding sel bakteri yang akan bereproduksi.

  1. Aminoglikosia

Cara kerja antibiotik ini adalah dengan cara menghambat produksi protein pada bakteri. Aminoglikosida biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit infeksi serius seperti meningitis, gonorrhea dan lain sebagainya.

  1. Tetrasiklin

Antibiotik jenis ini biasanya digunakan pada tubuh bagian luar seperti kulit. Tetrasiklin dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang sudah parah karena infeksi bakteri penyebab jerawat yang telah menyebar di permukaan kulit wajah.

  1. Sefalosporin

Macam macam antibiotik yang selanjutnya adalah sefalosporin. Antibiotik jenis ini biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit serius yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jenis penyakit yang dapat diatasi dengan antibiotik ini adalah pneumonia, infeksi darah, infeksi lapisan luar otak dan infeksi pada sumsum tulang belakang. Karena antibiotik ini digunakan untuk mengatasi masalah serius, penggunaan obat ini juga harus ditangani oleh dokter yang sangat ahli dibidangnya.