Kesehatan

Mari Sarapan Sebelum Memulai Aktivitas

Ada hal-hal yang harus Anda ketahui jika memang Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar untuk menjalankan segala aktivitas. Salah satu halnya yaitu memulai hari Anda dengan sarapan terlebih dahulu. Jika Anda yang sudah terbiasa tidak sarapan di pagi hari harus mulai untuk merubahnya karena bagaimanapun juga sarapan itu penting untuk Anda. Anda membutuhkan energi untuk menjalankan aktivitas dan pastikan bahwa Anda memenuhinya.

Mengapa Sarapan Itu Penting?

Tahukah Anda bahwa sarapan itu lebih penting daripada makan siang ataupun makan malam? Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa sarapan itu penting sekali? Jadi begini, pada saat malam hari dimana kita tidur, itu artinya kita tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun sehingga akibatnya metabolisme dalam tubuh menurun dan energi yang dihasilkan pun menurun karena kadar glukosanya pun ikut menurun.

Di pagi harinya, ketika kita ingin melakukan aktivitas kita sehari-hari dibutuhkan banyak energi agar kita juga terhindar dari segala macam penyakit. Untuk mengatasi itu, maka kita harus memberikan asupan glukosa yang cukup untuk mengisi kembali energi yang sudah berkurang tersebut yaitu dengan sarapan. Sarapan juga akan membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas kerja, kemampuan berpikir, meningkatkan daya ingat, dan juga menurunkan risiko kegemukan, diabetes dan kolesterol tinggi.

Jangan Sampai Salah Menu Untuk Sarapan

Untuk itu, biasakan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum Anda memulai aktivitas sehari-hari. Namun, Anda juga harus memperhatikan mengenai makanan apa yang Anda konsumsi ketika sarapan. Meskipun Anda membutuhkan makanan yang mengandung glukosa yang tinggi, bukan berarti Anda harus memakan roti yang diberi olesan selai, atau nasi, atau menu makanan lainnya.

Meskipun begitu, makanan-makanan tersebut juga akan membuat Anda merasa lebih lelah setelah memakannya. Mengapa? Kadar glukosa yang terkandung di dalamnya itu lebih cepat diserap oleh tubuh sehingga Anda akan merasakan kelelahan tak lama setelah Anda sarapan. Untuk menghindarinya, Anda bisa memilih roti gandum, oatmeal, buah-buahan, dan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat kompleks. Tentunya, makanan-makanan tersebut dapat menghasilkan energi dalam waktu yang lebih lama.