Kesehatan

Perhatikan Masa Pemakaian Barang-Barang Ini

Ada banyak barang-barang yang kita perlukan untuk menjaga kesehatan dan melakukan segala aktivitas setiap harinya. Sebagian banyak orang mungkin berpikir bahwa barang-barang tertentu tidak memiliki kadaluwarsa. Padahal ada beberapa barang yang masa pemakaiannya tidak terlalu lama, dan akan berbahaya jika terus digunakan. Hal tersebut dikarenakan penurunan fungsi setelah barang tersebut digunakan. Di samping itu, mungkin saja barang tersebut menjadi sarang kuman penyakit ketika digunakan dalam kurun waktu yang lama.

Barang-Barang Yang Harusnya Dibuang Setelah Pemakaian Beberapa Waktu

Beberapa barang yang sering kita gunakan setiap harinya ternyata memiliki masa pemakaian yang tidak terlalu lama. Segera ganti barang-barang ini dengan yang baru.

  1. Sikat gigi

Lama waktu pemakaian sikat gigi ternyata tidak cukup lama, yaitu sekitar 3 bulan. Ganti sikat gigi Anda secara berkala selama 3 bulan sekali agar kemampuan sikat dapat digunakan secara optimal. Jika memakai sikat gigi terlalu lama, akan ada banyak bakteri yang mengendap dibalik bulu-bulu sikat yang Anda gunakan. Hal tersebut tentunya akan sangat berbahaya untuk kesehatan mulut Anda.

 

  1. Spons mandi

Spons mandi yang sering Anda gunakan ternyata hanya memiliki masa kadaluwarsa selama 1 minggu. Hal ini disebabkan karena spons mandi dapat digunakan sebagai sarang bakteri dan jamur yang berbahaya untuk kesehatan kulit Anda. Rajinlah mencuci spons mandi Anda seminggu sekali, dan ganti dengan yang baru setelah 3 atau 4 bulan.

 

  1. Handuk

Handuk merupakan sarang bakteri yang sering kali disepelekan. Sebaiknya, ganti handuk Anda setiap dua minggu sekali, jika lebih dari itu kemungkinan mendapat risiko masalah kulit akan semakin tinggi. Meski rajin dicuci, sebaiknya ganti handuk Anda setelah 1 sampai 3 tahun pemakaian karena proses mencuci tidak dapat menghambat perkembangbiakan bakteri pada serat-serat handuk.

 

  1. Bantal

Bantal yang setiap hari menemani tidur Anda ternyata memiliki masa kadaluwarsa 2 sampai 3 tahun. Anda harus memperhatikan masa pakai bantal karena jika digunakan terlalu lama, bantal bisa menjadi sarang kuman penyakit. Selain itu, bentuk bantal juga akan berubah dan mengurangi kenyamanan saat digunakan.